BREAKING

Minggu, 26 Mei 2013

Contoh Drama 9 Orang



Drama Seni Budaya

Judul  : “Hayang Kawin !!”

Pemeran :
·         Maman (Anak kampung) ( bayu )
·         Dadang (Anak kampung) ( Dio )
·         Deden (Anak kampung) ( zafir )
·         Aceng (Anak kampung) ( Yori )
·         Unang (Tukang cendol) ( Astra )
·         Yana (Ayah dari 3 mahasiswi) ( Riski )
·         Victoria (Mahasiswi) ( arief )
·         Sheira (Mahasiswi) ( zaid )
·         Michele (Mahasiswi) ( aldo )
















HAYANG KAWIN !!

Disebuah Desa yang bernama Desa Cikeueung, hiduplah empat orang sekawan yang sudah lama berteman. Mereka bernama Maman, Dadang, Aceng dan Deden. Pada suatu malam, mereka saling bercengkrama di sebuah pos kamling. Suasana malam cukup dingin dan sepi (tidak heran, karena nama Desa tersebut menggambarkan suasana di Desa ini).

(Saat di dalam pos kamling, mereka membicarakan mengenai jodoh. )

Deden  : “Dang ?”
Dadang : “Woi ?”
Deden  : “ Ceng ?”
Aceng   : “Woi ?”
Deden : “Hayang kawin…!!!”
                (Terlihat sedih)
Maman : “ Sarua…”
Dadang : “Heu euh…”
Deden : “Tapi jeung saha?”
Maman : “Jeung si Maimunah weh…”
Aceng   : “Ah, embung.. geus goreng…….jaba  Caludih...”
Maman, Deden, Aceng, Dadang : “Hahahah…”
Dadang : “Eh cuy, urang ka kota weh neangan awewe.. Satuju??”
Aceng  : “Eta pisan..”
Deden                  : “Hayu atuh.. Eh kela, indung urang teh keur gering, tapi ketang da aya adi urang.
Bisalah..”
Maman                : “ Siplah..”
Aceng   : “Eta pisan..”
Dadang : “Mantap, sok atuh rek iraha??”
Maman, Deden, Aceng : “Isuk, wae lahh  …….hahahah..”

Sementara itu, disebuah kampus Ibu Kota sebut saja Kampus Tunas Bangsa ada tiga orang mahasiswi yang bersaudara dan cukup terkenal karena kecantikan mereka . Sehingga banyak para mahasiswa yang mengejar-ngejar mereka. Salah satunya adalah Genkz Alaaayz..

Michelle : ‘’Hey guys! Aku sebel iih ‘’
(sambil menatap kelakuan keempat anak kampung)
Sheira     : ‘’ Hah,sebel kenapa?’’
Michele  : ‘’ Itu liat deh kelakuan mereka- mereka itu. .entah darimana datangnya  !”
Sheira     : ‘’Iya bener. Mereka juga gangguin aku, bener nggak?’’
                (melihat victoria tak menyaut, dia melepaskan headshet dari telingannya)
Victoria   : ‘’Apa sih?! Ganggu aja, lagi enak denger lagu nih..’’
Sheira     : ‘’ Berarti dari tadi kamu nggak ngedengerin kita ngomong?’’
Victoria  : ‘’ Iya, hehe.. ‘’
                (karena di pelototi oleh Sheira dan Michele, dia pun melepaskan headshetnya)
Michele  : ‘’ Huh dasar.. ‘’
Sheira     : ‘’Dari tadi, kita tuh ngomongin mereka...’’
                (sambil menunjuk ke arah tiga anak alay yang bereda di belakang)
Victoria   : ‘’ Emang ada apa sama mereka?’’
Michelle : ‘’Mereka tuh ngangguin kita. Gimana kalau kita jailin mereka aja?’’
Y . S          : ‘’ Boleh.. Boleh tuh..”
(sambil sedikit tersenyum)

Sementara itu, ke empat orang yang berasal dari desa telah tiba di ibu kota..
Maman : “Alhamdulillah.. nyampe oge di Ibu kota cuy!”                                                                                     
Deden : “Eh cuy, haus euy !”                                                                                                                      
Dadang : “ Den, tuh aya es krim gede diluhur!’’                                                                                    
Deden : ‘’Mana dang ? Euweuh ?!’’                                                                                                         
Dadang : ’’ Tuh diluhur !!’’                                                                                                                              
Deden : ‘’ Hadaaaaah ,itu mah Monas Dang !’’                                                                                                   Maman : ‘’ Hahahah si Deden katipu.. ‘’                                                                                                                  
Aceng   :   ‘’Hahahaha . Eh enya ketang, kuring ge haus euy..’’                                                                     Maman : ‘’ Tenang tenang, kuring mawa cai ti desa yeuh!!’’                                                                                                (sambil mengeluarkannya dari dalam tas)                                                                                    
Aceng   : “ Yaah..mana man ?”                                                                                                                   
Maman : “ Eh, hampura geus beak ketang, hehe”                                                                                                             (melihat ke arah botol)                                                                                                                                     
Aceng                   : “Beuuh ! dasar!”                                                                                                                                
Dadang : “Eh urang meuli cendol weh yu!!          

“ting…ting…ting…ting…” (suara mangkuk dipukul sendok)
                                                                                 
Maman : “Siplah tuh aya tukang cendol !” ( sambil menunjuk kearah tukang cendol)                                       
Deden : “Heueuh..mang ………cendol mang…….!( deden memanggil tukang cendol)
Unang   : “Alhamdulillah penglaris” (sambil menghampiri ketiga anak kampung)                                                   
Dadang : “Sip, sip!
Unang   : “bikin berapa gelas “
Deden  : ”tiluu gelas mang”

                (mendengar ucapan mereka tukang cendol tau mereka berasal dari kampung)
Unang   :”kayaknya bukan orang sini ya?”
Maman                :”naha geuning apal…….!”
Unang   :“kan sama amang juga dari kampung…. cuma jualan cendol di sini udah 10 tahun”
Aceng   :”kumaha di kota mah loba awewe barohai deuih nya”
Unang   :”Jelas atuhh Jakartaaa…..” sambil tersenyum

Sementara itu mereka asik makan cendol

Deden  :”Ceng, duit kaluarkeun keur mayar cendol!!”                                                       
Aceng   : “Kela !”(sambil merogoh dompet)”! Eh, beak euy!”                                                                                      
Deden : “Beuh ! Kunaon bisa beak?”                                                                                                        
Aceng   : “Kan tadi, saacan urang ka kota teh urang dalahar heula di warteg Ceu Anah”     
Deden : “Eh, heueuh nya !”                                      
Unang   : karena iba melihat mereka dari kampung “nya keun waelah gratis karunya da sarua ti kampung
ieuh”                                                                         
Maman : “Beuh kumaha atuh cuy !”                                                                                                         
Dadang : “Kumahanya ??”                                                                                                                              
Deden : “Eh kumaha lamun urang ngamen ?”                                                                                     
Maman : “Ngamen ?”                                                                                                                                      
Deden : “Heueuh.. mumpung aya alat musikna!”                                                                                                  Aceng              : “Ngan ngamen dimana?”                                                                                                            
Dadang : “Heueuh. Ngamen dimana !”                                                                                                     
Deden : “Dimana nya? Eh tuh aya kampus ! Urang ngamen di kampus weh, kan loba mahasiswa
jadi engke loba duitna ! Sakalian neangan awewe..”        (sambil berjalan menuju kampus)          
Maman : “Siplah !!”                                                                                                                                             
Dadang : “Mantap.”                                                                                                                                           
Deden : “Hayu atuh !!”

Mereka berempat memutuskan mencari uang di kampus denngan cara mengamen.

Maman : “Wooi! Rek nyanyi naon ??”
Aceng   : “Keong Racun..haha”
Dadang : “Sakalian weh Susis..haha”
Deden : “Tah eta weh Keong Racun!”
Maman : “Sok atuh.. 1..2..3”

Mereka mengamen dengan bernyanyi Keong Racun (menyanyi..)                                                                                                           
Dadang : “Cuy.. mani gareulis itu awewe !”
Maman : “Waah !! Geulis”
Aceng   : “Edunn pisan..”
Deden : “Alah mani bohay kitu..”

Tiba-tiba Deden bernyanyi untuk salah satu mahasiswi yang dilihatnya..

Deden                  : (berhenti menyanyi sejenak) Ehm..neng meuni geulis . Saha namina ?
Michele: “Apa sih? Kampungan banget lu !” (sambil jutek)
Sheira   : “Udah deh biarin aja”
Victoria : “Kita cabut aja yuk !” 
(sambil berjalan meninggalkan mereka)
Dadang : “Eh, neng meuni judes !”
Aceng   : “Geulis-geulis judes..”

Setelah itu, ketiga mahasiswi itu pergi meninggalkan mereka. Namun dengan tidak sengaja seorang mahasiswi itu menjatuhkan sebuah buku.

Maman : “Eh euy.. Itu naon nu ragrag ?”
                (sambil menunjukkan ke arah benda tersebut)
Dadang : “Mana ?”
                (mencari benda yang di tunjukkan Maman)
Maman : “Itu tuh, nu siga buku..”
                (menunjukkan kembali arah benda tersebut)
Aceng  : “Dang, cokot jug !!”
Dadang : “Heug..”
(berjalan menuju benda tersebut)
Deden : “Eh eta kunaon si dadang olohok?”
(berjalan menghampiri Dadang)
Aceng   : “Edeh, naha jadi olohok duanana ?”
Maman : “Ceng, hayu urang samperkeun!”
(karena heran, akhirnya mereka mendekati Deden dan Dadang)
Aceng   : “Eh, eta teh awewe nu tadi !”
                (sambil menunjuk foto yang ada di dalam buku tersebut)
Maman : “Oh, nu judes teh ngarana Michele..”
Dadang : “Oh, anu bohay teh ngarana Victoria..”
Aceng   : “Oh, anu gigina dikawatan teh Sheira..”
Deden : “Urang mah milih nu bohay !”
Aceng   : “Urang mah nu dikawat..”
Maman : “Urang  nu judes..”
(Deden, Aceng dan Maman mengambil foto-foto tersebut)
Dadang : “Euh, ari urang teu kabagean!”
                (wajahnya menunjukkan rasa kecewa)
Maman : “Wah maneh mah telat Dang, lain buru-buru ngarontok maneh tadi teh..”
Deden : “Yeuh Dang, urang mah rido mere tah si bohay..”
Dadang : “Alaah hatur nuhun Den..”

Dengan terpaksa, Deden memberikan foto Victoria kepada Dadang. Setelah mereka mengamen seharian dan mendapatkan uang yang cukup banyak, mereka mencari tempat tinggal dan mereka pun mendapatkan tempat tinggal yang sederhana.

Maman : “Alhamdulillah cuy, urang meunang tempat tinggal oge..”
Dadang : “Eh, eta lagu timana asa enakeun!”
(mencari-cari arah lagu tersebut)
Aceng   : “Heueuh, ngenaheun euy !”
Maman : “Wew, keong racun..”
Aceng   : “Eh, ieu lagu timana ?”
(dia tidak menemukan arah suara tersebut)
Dadang : “Eh, ieu tina calana si Deden..”
Maman : “Tina HP na meureun..”
(Dadang membawa HP yang berada di dalam saku celana Deden)
Dadang : “Eh, aya tulisanna ‘memanggil, Ema Deden’ !”
Aceng   : “Angkat Dang..!”
(Dadang mengangkat HP tersebut lebih tinggi)
Maman : “Edeh, cing dipencet..”
Dadang : “Mencet naon ?”
(dia merasa heran dengan suruhan Maman)
Aceng    : “Pencetan weh..”
Dadang : “Siga kieu...?”
(Dadang mempraktekkan apa yang Maman suruh)
(Aceng langsung mengambil Hp dari genggaman Dadang)
Aceng   : “Edeh, lain.. Cik kadieukeun HP na. Eh ketang teuing urang ge..”
Maman : “Ah maraneh mah katro, kadieukeun.. Aaah, naha jadi pareum.. Deden, DEDEN !!”
                (sambil berteriak, dia mencari Deden)
Aceng   : “Alaaah !! Den !! dimana ??”
Dadang : “Di kamar mandi meureun..”
(Deden pun datang dari arah kamar mandi)
Maman : “Den, Den.. Ieu HP manehnya?”
Deden : “Aya naon kitu ??”
                (sambil merasa heran)
Maman : “Ieu tadi teh aya lagu ‘keong racun’ .. Terus, dina HP na teh aya tulisan ‘memanggil’ ngan jadi pareum.. ??”
(sambil menunjukkan Hp dan menjelaskannya)
Deden : “Wah, saha anu manggil ??”
Dadang : “Indung maneh .. !!”
Deden : “Aya naonnya ?? Cik urang panggil deui..”
(Deden mengambil Hp nya dari Maman)

Deden pun menelepon kembali Ibunya. Dan tiba-tiba, Deden menangis tanpa sebab.. Deden pergi ke kamar dan mengemasi barang-barang nya.

Maman : “Den, kunaon ??”
                (merasa heran)
Dadang : “Dijodohkeun meureun ku indungna di kampung.. Haha..”
Aceng   : “Naha beut ceurik ??”
                (merasa heran sama seperti Maman)
Deden : “Indung urang maot..”
                (sambil tersedu-sedu, Deden menjawabnya )
Maman, Dadang, Aceng : (serempak mereka berbicara) “Innalillahi..”
Maman : “Iraha ??”
Deden  : “Tadi, ayeuna urang dititah balik ka kampung..”
Dadang : “Terus neangan awewe tea kumaha ??”
Deden : “Alah, urang mah gampang.. Da urang mah kasep ieu.. Sok weh maraneh heula.”
Dadang : “Hm, kasep.. kasep timana, ti Hongkong ??”
Maman : “Sok atulah, hampura weh kuring teu bisa kaditu..”
Aceng   : “Nya , hampura oge Den..”
Deden : “Sip, sip.. Hampura kuring ge teu bisa milu neangan awewe..”
                (berjalan membawa tas, dan mengemasi barang miliknya)

Setelah itu, Deden pun pulang kembali ke Desa. Sementara, Dadang, Maman, dan Aceng kembali mencari ketiga mahasiswi itu dan mendekati mereka.

Setelah tiga bulan mendekati mereka, akhirnya merekapun jadian..

Dadang : “Eh cuy, geus tilu bulan yeuh arurang jadian..”
Maman : “Terus naon..??”
Dadang : “Eeeu..”           
(sambil tergagap-gaga)
Aceng : “Cing, sing jelas atuh Dang ..”
Dadang : “Hayang kawin..”
Maman : “Sarua..”
Aceng : “Eta pisan..”
Dadang : “Ngan era euy..”
Aceng : “Era kunaon ??”
Dadang : “Pas ngalamarna..”
Maman : “Ulah era, da make baju ieu. Hahaha ..”
Dadang : “Sok atulah.. Dengan kekuatan datang bulan..”
Aceng : “Dengan kekuatan hidung pesek..”
Maman : ”Kita bersatu..”
Dadang, Maman, Aceng : “HUH.. huuhhh..”
(serempak menyatukan tangan mereka)

Merekapun siap untuk melamar kekasih mereka. Namun, mereka akan berkencan dahulu dengan kekasih mereka..

(Dadang membawa Hp nya, dan langsung menelpon pada Victoria)

Dadang : “Hai, darling.. Kita kencan yuk..”
Victoria : “Boleh aja, kapan ??”
Dadang : “Nanti aja sore, di tempat biasa.. Oh iya, kata Aceng dan Maman ajakin Kakak dan Ade ayang yah!!.. hehehe”
(sambil tersenyum malu juga senang)
Victoria : “OK, sayang.. Sampe ketemu nanti..”
Dadang : “Sip, sip. Bye, dadah sayang..”
Maman : “Kumaha Dang?”
Dadang : “Jadi cuy..”
Aceng   : “Siiplah!!”

Akhirnya mereka pun berkencan dengan kekasih mereka. Tiba-tiba Dadang berbicara sesuatu kepada kekasihnya..

Dadang : “Ayaang? Kita tuh kan dah lama jalanin hubungan ini.
Victoria : “Terus?”
Dadang : “Emmh.. Ceng kamu aja yang ngomong!”
Aceng   : “Gini.. Kita semua tuh, mau?”
Sheira   : “Mau apa?”
Aceng   : “Man, kamu aja deh yang ngomongnya!! Hehe”
Maman : “Beuuh.. Ya sudah!! Gini, kita semua tuh mau?”
Michele : “Mau apa?”
Maman : “Mau? Mau?”
Dadang : “Sing jelas atuh Man!”
Maman : “ Iya, kita semua tuh mau ngelamar kalian!”
Sheira   : “Melamar?”
                (dengan nada heran)
Aceng   : “Iya, kita tuh mau ngelamar kalian.”
Michele                : “emmh. Tapi ayah kita itu orangnya pemilih dan pasti kalian akan ditolak.”
Maman                : “Ditolak gimana?”
Michele : “Waktu itu aku pernah pacaran, terus dia mau ngelamar aku buat tunangan. Tapi,
ayahku menolaknya padahal dia perfect.”
Aceng   : “Kita coba dulu aja untuk melamar kalian.”
Dadang : “Iya kita pasti bisa.”
Maman : “Betul.”
Dadang : “Sok atulah.. Dengan kekuatan datang bulan..”
Aceng : “Dengan kekuatan hidung pesek..”
Maman : ”Kita bersatu..”
Dadang, Maman, Aceng : “HUH.. huuhhh..”
(serempak menyatukan tangan mereka)



Dan mereka pun akhirnya akan melamar kekasih mereka dan menemui ayahnya..

Dadang : “Malam om!”
Yana      : “Siapa kamu?”
Dadang : “Perkenalkan Om, saya Dadang, ini Aceng, dan ini Maman.”
Maman                : “Malam Om! Hehe”
Victoria : “Yah, mending kita masuk dulu. Ada yang mau dibicarain.”
Michele : “Kita masuk dulu yuk!”
Sheira   : “Eh tunggu sebentar ya! Kita mau ke kamar dulu,kalian langsung ngobrol aja ma Ayah!”
Yana      : “Da apa kalian datang kesini?”
Aceng   : “Mmmh.. Kedatangan kami kesini itu.. Mau? Mau?”
Yana      : “Mau apa hah?”
Dadang : “Mau ? Mau ?”
Maman                : “Mau? Mau ngelamar anak Om.”
Yana      : “Ooh, tidak bisa!”
Dadang : “Kenapa nggak bisa Om?”
Yana      : “Ada SKKOM nya.”
Aceng   : “ SKKOM? Apaan tuh Om?”
Yana      : “Syarat Ketuntasan Kriteria Orang Melamar”
Maman                : “Hah, Syarat Ketuntasan Kriteria Orang Melamar?”
Yana      : “Iya, kalian harus memberikan anak saya berlian yang sangat indah dan tidak ada
duanya.”
Dadang : “Apa? Berlian?”
Maman : “Berlian?”
Aceng   : “Itu syarat yang cukup sulit Om!”
Yana      : “Sulit ya? Kalau begitu saya tolak kalian.”
Dadang : “Tapi Om, kami itu sangat sayang sama anak Om.”
Yana      : “Iya, tapi kalian tidak dapat menuntaskan SKKOM yaitu memberikan berlian.”
Aceng   : “Tapi Om, kami tidak mampu untuk memberi anak Om berlian, kami hidup di kampung
yang sederhana.
Yana      : “Oooh, kalian itu miskin. Pantas aja pakaian kalian seperti itu.”
Maman : “Walaupun kami anak kampung yang hidup sederhana, tapi kami tidak mau dilecehkan oleh
anda. ”
Maman, Aceng, Dadang : “Tapi Om, kami hanya bisa memberi CINTA dan KASIH SAYANG
Maman : “Ayo kita pergi dari sini!”
                (mengajak Aceng dan Dadang untuk pergi)


Akhirnya, mereka bertiga meninggalkan rumah tersebut tanpa berpamitan. Mereka sangat kecewa dengan apa yang sudah di tentukakan oleh ayah dari kekasihnya. Mereka sangat putus asa..

Yana : “Hahahah..”
Michele                   : “Ayah, kenapa tertawa? Mengapa mereka pergi begitu saja..”
Victoria   : “Ayah, kita kecewa sama ayah..”
Sheira     : “iya, kita benar-benar nggak nyangka sama apa yang sudah ayah lakukkan pada mereka..”
Yana      : “Tenang-tenang, ayah tidak jahat kepada mereka. Tapi ayah salut kepada mereka..”
Victoria   : “Maksud ayah apa?”
Yana      : “Mereka ternyata tidak mementingkan harta, tetapi KASIH SAYANG.”
Sheira     : “Lalu, ayah menerima nya. Tapi, mengapa mereka pergi yah?”
Yana      : “Kalian tidak usah khawatir. Ayah belum sempat menerima nya, karena mereka terlalu
terburu-buru untuk pergi karena kecewa.”
Victoria   : “Apa yang harus kita lakukan?”
Yana      : “Kalian, bisa menyusul nya ke kampung. Ayah merestui kalian.”
V.S.M      : “Makasih yah..”

Akhirnya, ayah merestui hubungan mereka. Dengan sangat gembira mereka segera berkemas dan menyusul kekasih mereka.

(Setiba nya di kampung)

Michele                : “Abang..”
Sheira   : “Akang..”
Victoria : “Ayang..”
Aceng, Maman, Dadang  : “Neng..!!”
Dadang : “Ayang, ngapain kesini?”
Victoria : “Emm..”
Yana : “Kalian ayah restui untuk menikah.. ”
Dadang : “Menikah..”
                (merasa kaget, akhirnya Dadang pingsan)
Maman : “Dang.. Dang..”
Aceng   : “Dang, maneh kunaon?”
Victoria : “Ayang, kenapa.. bangun yang..”
Dadang : “Akhirnya, kawin juga..”

Akhirnya mereka pun, menikah dan hidup bahagia di kampung..


                                                                                         

About ""

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Vivamus suscipit, augue quis mattis gravida, est dolor elementum felis, sed vehicula metus quam a mi. Praesent dolor felis, consectetur nec convallis vitae.

Poskan Komentar

 
Copyright © 2014 EinzelKind
Design by FBTemplates | BTT